Advertisement 728x90

Tentang One Piece

Genre: Aksi, Petualangan, Shounen, Humor, Khayalan, Drama

One Piece (ワンピース / wanpīsu) adalah sebuah anime dan manga yang menceritakan tentang sekelompok bajak laut yang dipimpin oleh Monkey D. Luffy yang pergi mencari harta karun legendaris peninggalan Raja Bajak Laut Gold D Roger bernama One Piece. Luffy banyak bertemu dengan teman baru dan musuh yang juga kuat.

One Piece diciptakan oleh Eiichiro Oda. Komiknya dimulai pada Tahun 1997 di Shonen Jump terbitan perusahaan Shueisha dan hingga kini pun masih terus berlanjut. Mulai masuk TV pada Oktober 1999. Di Indonesia komik ini diterbitkan oleh Elex Media Komputindo dan hingga kini pun telah mencapai 60 jilid lebih. Versi TV-nya, yang diproduksi Toei, telah mencapai 600 lebih episode di Jepang. Sampai saat ini, One Piece telah mengeluarkan 12 film, yang terakhir dirilis pada tanggal 15 Desember 2012. Di Indonesia sendiri pernah ditayangkan di RCTI dan Global TV walaupun selalu di ulang dan akhirnya tidak tayang lagi (sedih deh )

Sejarah

Eiichiro Oda terinspirasi oleh Akira Toriyama pengarang Dragon Ball dan Dr. Slump saat muda. Di waktu kecil, ia sering menonton serial kartun "Vicky the Viking" dan mulai terinspirasi mengarang manga tentang bajak laut. Ia kemudian menciptakan tokoh Pandaman pada Kinnikuman karangan Yude Tamago. Pada 1992 saat berusia 17 tahun, Oda mengajukan manga pertamanya yang berjudul "Wanted!". Hal ini menyebabkan ia dipanggil untuk bergabung menjadi staff di majalah Weekly Shonen Jump, dimana ia kemudian menjadi asisten bagi beberapa pengarang terkenal seperti; Shinobu Kaitani (Liar Game), Masaya Tokuhiro dan Nobuhiro Watsuki (Samurai X a.k.a Rurouni Kenshin).


Pertengahan tahun 90-an, Oda mengajukan dua cerita pendek terpisah yang masing-masing berjudul "Romance Dawn". Inti cerita memperkenalkan karakter Monkey D. Luffy, seorang anak lelaki dengan topi jerami yang memutuskan pergi ke laut menjadi bajak laut terkenal. Beberapa konsep seperti; inspirasi Luffy menjadi bajak laut dan kekuatan misterius yang diperoleh setelah memakan buah khusus yang mengubah tubuhnya menjadi karet (model awal Buah Iblis), kemudian muncul dalam karya Oda berikutnya.

Pada Agustus 1997, Oda mengambil banyak ide dari "Romance Dawn" dan mulai menggunakannya dalam serial mingguan berjudul "One Piece". Serial ini diterbitkan pertama kali di Weekly Shonen Jump, majalah mingguan yang dimiliki Shueisha. Serial ini dengan cepat menarik perhatian pembaca dan menjadi populer sejak awal-awal chapter, membuatnya menjadi salah satu serial unggulan dalam majalah.

Awalnya Oda merencanakan serial berjalan selama 5 tahun (artinya One Piece berakhir pada tahun 2002), namun ternyata berjalan lebih lama dari yang di jadwalkan hingga ia sendiri pun tak dapat memperkirakan kapan ceritanya akan selesai. Namun Oda menyatakan bahwa akhir chapter 597 menandai akhir bagian pertama One Piece dan telah merencanakan akhir cerita bagian kedua. Meski tak tahu persis berapa lama ia akan menyelesaikannya, namun Oda akan menamatkan One Piece sesuai dengan alur yang ia rencanakan sejak awal.

Alur Cerita

Cerita ini dimulai dengan seorang anak yang bernama Monkey D. Luffy, yang terinspirasi dengan pahlawan masa kecilnya Shanks "Si Rambut Merah". Luffy yang menjadi manusia karet dan memiliki kekuatan meregangkan tubuhnya setelah secara tak sengaja memakan buah Gomu Gomu, salah satu dari buah iblis ketika Luffy marah pada shank. Selama perjalanan, Luffy membuat kelompoknya sendiri yang bernama Bajak Laut Topi Jerami (Straw Hat Pirate). Satu persatu Luffy mencari kru bajak lautnya sendiri.Para kru terdiri dari pendekar pedang bernama Roronoa Zoro; Navigator dan pencuri Nami, Usopp Sang Penembak Jitu, Sanji Sang Koki, Dokter Tony Tony Chopper, Nico Robin Sang Arkeolog, Franky Sang Tukang Kayu, dan Seorang musisi yang bernama Brook Pendekar Pedang Bersenandung

Manga


Manga One Piece dibuat oleh Eiichiro Oda. Manga One Piece mulai diterbitkan oleh majalah Weekly Shonen Jump sejak 4 Agustus 1997. Hingga 20 November 2013 One Piece sudah mempunyai 731 chapter dan 71 volume. Manga One Piece merupakan manga paling laris sepanjang sejarah Jepang. Manga One Piece sudah terjual lebih dari 300 juta kopi. Manga One Piece juga mendapat banyak pujian dan penghargaan.

Anime

Kepopuleran One Piece dalam Weekly Shonen Jump, membuat pihak Toei Animation memutuskan membuat serial anime nya. Rating animenya sangat tinggi dan hingga kini telah dirilis 623 episode, 13 film, dan 3 OVA.

Awal dari era anime One Piece sebenarnya adalah sebuah OVA One Piece, yaitu One Piece: Defeat the Pirate Ganzackt!, diterbitkan pada tahun 1997 kemudian diikuti tayangan mingguan per episode.

Sampai 10 Desember 2013, total episode TV One Piece yaitu 623 Episode. Mulai episode 207 ke depan, One Piece disiarkan dalam fitur video definisi tinggi dengan resolusi 1080i. One Piece disiarkan rata-rata 4 episode per bulan.

Movie

Toei telah membuat 12 movie, dan semuanya dirilis setiap musim semi di Jepang sejak tahun 2000. Semua movie digarap dengan profesional, dan dengan tingkat grafik yang lebih tinggi dari tayangan mingguan biasanya. Movie tersebut juga memiliki plot tersendiri, dan jauh dari alur One Piece yang sebenarnya (non-canon), sehingga selain peminat One Piece pun bisa mengikuti movie ini. Ke 12 movie yaitu:

One Piece: The Great Gold Pirate, 2000. Movie pertama dengan self titled, menceritakan petualangan Kelompok Bajak Laut Topi Jerami, (Sanji belum masuk) mencari harta yang ditinggalkan Wonan, Bajak Laut legendaris. Tetapi harus berhadapan dengan Bajak Laut El Drago yang memiliki buah iblis.

One Piece: Clockwork Island Adventure, 2001. Petualangan Kelompok Bajak Laut Topi Jerami di pulau misterius di East Blue yaitu Clockwork Island untuk mengejar kapal mereka yang dicuri Kartu Bersaudara.

One Piece: Chopper's Kingdom on the Island of Strange Animals, 2002. Kisah yang berpusat pada Tony Tony Chopper yang mendadak menjadi seorang Raja dari segala hewan.

One Piece: Dead End Adventure, 2003. Kisah tentang perlombaan balap kapal yang diikuti Topi Jerami karena kekurangan biaya. Tetapi ternyata pertandingan ini telah dikorup oleh Bajak Laut yaitu Jenderal Gasparade.

One Piece: The Cursed Holy Sword, 2004. Cerita yang memusatkan Roronoa Zoro, bercerita tentang keberadaan pedang terkutuk, Pedang Tujuh Bintang yang merasuki teman masa kecil Zoro, Saga.

One Piece: Baron Omatsuri and the Secret Island, 2005. Cerita tentang kru Bajak Laut Topi Jerami yang hilang satu per satu di pulau Omatsuri.

One Piece: The Giant Mechanical Soldier of Karakuri Castle, 2006. Bercerita tentang keberadaan pulau canggih yang dibangun Dr. Ratchet. Kelompok Topi Jerami bertujuan akan menghentikan ambisi Ratchet untuk menguasai dunia.

Episode of Arabasta: The Desert Princess and the Pirates, 2007. menceritakan kembali sepenuhnya cerita Arabasta (akhir dari kisah Baroque Works).

Episode of Chopper Plus: Bloom in Winter, Miracle Sakura, 2008. Berada di luar timeline aslinya, menceritakan kembali kisah Drum Kingdom (bergabungnya Chopper) tetapi dengan kru yang sudah mencakup Nico Robin dan Franky. Disertai dengan beberapa penyesuaian cerita lainnya.

One Piece Film: Strong World, 2009. Merupakan serial movie One Piece yang dirilis pada bulan Desember 2009 di Jepang. Menceritakan Topi Jerami yang bertemu dengan salah satu bajak laut terkenal, Golden Shiki yang merencanakan untuk menculik Nami.

One Piece 3D: Straw Hat Chase, 2011.yang ini menceritakan Topi Jerami Luffy yang di curi oleh seekor burung pemakan buah iblis.

One Piece Film: Z, 2012. Merupakan serial movie One Piece yang dirilis pada bulan Desember 2012 di Jepang. Menceritakan Topi Jerami yang bertemu dengan Mantan Admiral Zephyr.

One Piece Movie Special Luffy : Petualangan di Pulau Tangan. Cerita spesial diluar plot cerita utama, menceritakan petualangan Monkey D. Luffy dkk secara tidak sengaja terdampar di pulau yang berbentuk tangan. Dikisah spesial ini juga muncul Coby yang telah berpangkat Kapten.

One Piece Movie Special of Nami : Tangisan Sang Navigator & Ikatan Seorang Teman. Menceritakan Kembali arc. Arlong Park. Dari Nami bertemu kembali dengan Luffy di Kampung Halamannya sampai mengalahkan Arlong.

One Piece Movie Special of Merry : Cerita tentang perpisahani Kapal kesayangan dan teman seperjalanan kelompok Topi Jerami, mengulas kembali dari Arc water seven sampai Enies Lobby.

One Piece Movie Special : Glorious Island. Cerita Tentang Kelompok Topi Jerami yang sedang santai & Fantasi Tentang Pulau Makanan.

One Piece Movie Special : Episode 0 (Strong World). Episode awal One Piece, Sebelum Era Bjak Laut Mulai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar